Citra Satelit SPOT Untuk Deteksi Perubahan Lingkungan Sungai Mekong

Posted by Unknown Senin, 16 Desember 2013 0 komentar
Mekong adalah salah satu sungai terpanjang di dunia. Panjangnya sekitar 4000 kilometer dengan hulunya di Dataran Tinggi Tibet, mengalir melalui Propinsi Yunnan Cina, Burma, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Sumber daya air mendukung mata pencaharian lebih dari 50 juta penduduk sepanjang aliran sungai. Sungai Mekong dan anak sungainya sangat menunjang produksi makanan, air, transportasi, dan banyak aspek lain dari kehidupan sehari-hari warganya. Seperti apa perubahan sepanjang sungai Mekong diamati dari citra satelit? Hal ini yang akan dibahas dalam artikel ini, yaitu mendeteksi perubahan aliran sungai Mekong menggunakan data citra satelit SPOT.

citra satelit spot
Sungai Mekong
               
Studi Penginderaan Jauh (Remote Sensing)
Dengan menggunakan citra satelit dan teknik analisis citra digital, para ilmuwan di Centre for Remote Imaging, Sensing and Processing (CRISP), National University of Singapore, meneliti perubahan tutupan lahan di cekungan Mekong Tengah dan dampaknya terhadap saluran sungai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan aplikasi data penginderaan jauh dan teknik pengolahan citra digital dalam evaluasi perubahan lingkungan pada aliran sungai besar.Data yang digunakan adalah citra satelit SPOT.

Lokasi Studi
citra satelit spot
Lokasi penelitian
Daerah penelitian meliputi bagian dataran tinggi dari Cekungan Mekong, yaitu daerah pegunungan struktural dan lembah dengan lereng yang curam. Musim hujan utama adalah periode monsoon barat daya dari Mei hingga Oktober. Sekitar 80% dari debit sungai Mekong datang antara bulan Juni dan November.

Metode
Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah citra satelit SPOT pankromatik dengan perekaman data 26-27 November 1997 untuk ekstrkasi Digital Elevation Model (DEM), dan citra satelit SPOT multispektral perekaman 8 Januari 1996 dan 18 Februari 1998 untuk mendeteksi perubahan.
citra satelit spot
Citra satelit SPOT perekaman 8 Januari 1996.

citra satelit spot
Citra satelit SPOT perekaman 18 Februari 1998

Digital Elevation Model(DEM)
Digital Elevation Model (DEM) daerah penelitian dihasilkan dari data citra satelit SPOT Pankromatik stereo. Citra satelit SPOT multispektral kemudian dilakukakan orthorectifikasi (koreksi geometrik), berdasarkan data DEM yang telah diekstrasi. Untuk menghilangkan haze pada citra satelit, terebih dahulu dilakukan Atcor (Atmosferic Correction). Ketinggian lereng dihitung dari data DEM. 
citra satelit spot
DEM SPOT
 
Deteksi Perubahan
Metode yang digunakan untuk mendeteksi perubahan lingkungan adaah unsupervised method, untuk mengidentifikasi lokasi dari degradasi lingkungan yang berjalan cepat. Ada dua metode deteksi perubahan yang digunakan dalam penelitian ini. The Normalized Difference Vegetation Index (NDVI), yang dihasilkan dari citra multispektral dan perubahan tutupan lahan diidentifikasi dengan thresholding perbedaan dari dua citra NDVI pada tanggal akuisisi/perekaman yang berbeda. Perubahan alur sungai dilakukan dengan proses klasifikasi ISODATA pada citra multispektral. Hasil akhir yang didapatkan dari dua analisis tersebut adalah Peta tematik perubahan lingkungan untuk tutupan lahan dan aliran sungai.

Hasil

citra satelit spot
citra satelit spot
Sebuah peta tematik yang menunjukkan penurunan vegetasi dan perubahan alur sungai.
Dua perubahan yang signifikan antara tahun 1996 dan 1998 hasil analisis adalah: menipisnya vegetasi di kedua lereng, dan peningkatan sedimentasi dimanifestasikan oleh peningkatan bangunan sepanjang aliran sungai. Vegetasi di daerah ini telah berkurang pada tahun 1998 dibandingkan dengan tahun 1996. Selain itu, sebagian besar (24,2%) dari lahan yang dibuka memiliki kecuraman lereng lebih dari 25 derajat, yang rentan terhadap erosi dan ongsor pada musim hujan. Sehingga hasil erosi (sedimen) akan mengalir ke sungai Mekong. Sehingga, sedimen tersebut akan terakumulasi pada sungai Mekong. 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Citra Satelit SPOT Untuk Deteksi Perubahan Lingkungan Sungai Mekong
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://jualcitrasatelit.blogspot.com/2013/12/citra-satelit-spot.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Jual Citra Satelit.